Selasa, 03 Juli 2012

Mushishi - My Review


I'm back with my review B|

"It’s not your fault. Nor was it the Mushi’s fault. You were both just trying to live.
Nobody is guilty. Don’t die. You’ve done nothing wrong." - Ginko

|

Kali ini anime yang beruntung ane review adalah .....

Mushishi
Tayang : Oct 2005 - Jun 2006
Episode : 26
Genre : Adventure, Mystery, Supernatural, Fantasy, Seinen 



Story:

Mushishi ini berkisah tentang seseorang bernama Ginko yang berprofesi sebagai Mushishi. Mushishi adalah orang-orang yang bergelut dengan Mushi. Apa itu Mushi? Mushi adalah makhluk yang konon katanya tidak hidup dan tidak pula mati. Mungkin sodaraan sama virus kali ya :v
Mushi ini bisa ada dimana-mana dan tak jarang Mushi-mushi ini berinteraksi dengan manusia, sengaja maupun tidak sengaja. Interaksi antara manusia dan Mushi ini ada yang positif fan ada pula yang negatif. Di sinilah peran seorang Mushishi menjadi penting, yaitu untuk menjaga keseimbangan interaksi antara manusia dengan Mushi, terutama apabila terjadi interaksi negatif diantara keduanya.
Cerita di Mushishi ini bergaya episodik dimana cerita setiap episode terpisah antara satu episode dengan episode yang lain dan Mushi yang dihadapi Ginko pun berbeda. Biasanya sih ane ga suka anime bergaya ini, tapi untuk yang satu ini ane musti bilang WOW.
Setiap episode dikisahkan dengan begitu apik. Sebuah kisah dimulai, diceritakan dan berakhir dalam satu episode saja. Tapi hebatnya adalah episode tersebut selesai tanpa meninggalkan kesan kurang lengkap atau terlalu cepat, seperti yang biasanya TS temui pada anime-anime episodik. Semua itu bisa dieksekusi dengan cantik dalam sebuah apisode yang paling cuma sepanjang 25 menit.
Dan yang hebatnya lagi adalah kisah yang ditampilkan tidak melulu begitu-begitu saja, terkadang kalian akan merasa turut tersenyum, iba, senang dan sedih sekaligus.
Ya, anime ini mempunyai begitu banyak unsur yang diramu dengan sangat apik dan harap diingat bahwa menurut ane anime ini masuk dalam kategori Seinen.

UPDATE: Kabarnya akan ada season kedua lhooo *_*

Jadi seperti apa petualangan Ginko? Mushi-mushi macam apa yang dihadapi Ginko?? Dan Bagaimanakah akhir petualangan Ginko di season pertama ini???

Watch it yourself .... B|

Art & Animation:

Dari segi ini, ane antara suka dan ngga suka soalnya desain dan animasinya menurut ane ada pro dan kontra.
Pro - Desain dari Mushi-mushi dan penggambaran pemandangan lingkungannya yang keren.
Kontra - Desain wajah tokoh-tokohnya kadang terasa mirip antara episode satu dengan yang lain, padahal kan ceritanya berbeda.
Terlepas dari hal itu, ane yakin bahwa Artland dan Marvelous Entertaintment pasti menginginkan yang terbaik bagi penontonnya terlepas dari apa yang ane tangkep.


Music & OST:

Background music pada anime ini seinget ane terbilang minim dengan sentuhan khas Jepang yang kayak bunyi gitar Jepang gitu.
Nah kalo OST-nya ane suka yang openingnya adalah The Sore Feet Song by Ally Kerr yang punya ciri khas. Ini lagu bhs inggris lho.
Sementara EP-nya cuman instrumental tetep selaras dengan temanya yang kadang terasa "mellow sekaligus gelap"
Dari sisi seiyuu-nya, no problem lah karena menurut ane udah bagus.


Character:
Brace yourself, Guys... sepanjang serial, satu-satunya tokoh yang menonjol ya cuman Ginko sendiri. Cuman satu orang doang selain Ginko yang muncul di episode lain seinget ane malahan.
Tapi bukan berarti trus jadi ngebosenin lho, karena walau terlihat cuek, Ginko ini kalau udah pengen nolong orang bakal semampu dia coba nolongin.
Pernah di salah satu episode dia ngeboongin temennya karena permintaan klien. Afterall, si Ginko ini oke banget dah.

Kesimpulan:
Sebuah anime segar yang mempunyai nuansa berbeda. Ceritanya asli, keren banget walo pertamanya ane pikir ngga menarik. Tapi terbukti ane salah.
Yang pengin action, lupakan saja karena anime ini bukan shonen,, tapi cenderung ke arah seinen dengan feelingnya yang khas itu.
HIGHLY RECOMMENDED bagi kalian yang juga suka Natsume Yuujinchou.


Disclaimer: Images posted is not mine and might be copyrighted.

  • Add To Facebook
  • Share to Google Plus
  • Pin It
  • Tweet This

1 comments:

Dewinta Danisha mengatakan...

Kirain aku aja yang ngerasa karakternya pada mirip semua, terutama kalau karakternya anak kecil laki2�� padahal aku tau ini animenya tiap episode beda, tp kadang pas awal nonton terus lihat karakter yg sama aku pasti slalu mikir woah ini lanjutan episode semalam😂😂

Posting Komentar

Saran? Kritik? Koreksi? Tambahan? Protes? Monggo :D