Rabu, 02 Oktober 2013

[Review] Sony Xperia ZR

Assalamu'alaikum wr. wb.


Yo dawg, gimana kabare? :v

Ketimbang blog ini ngga pernah nambah postnya, kali ini ane mau me-review sebuah hape yaitu *JENGJENG* Sony Xperia ZR.

Yep, kalian ngga salah baca, Xperia ZR. Seperti yang sudah ane singgung di posting Galaxy S4 Supercopy, hape multimedia ane yang sekarang adalah Xperia ZR.

Kok belom pernah denger ane gan? Ente aja kali yang kudet :v
Kok belom pernah lihat di toko-toko bangunan gan? :hammer:

Yak, sampai postingan ini ane tulis, Xperia ZR emang baru mulai didistribusikan oleh pihak Sony, jadi soon enough, kalian bakal segera menemui this little piece of greatness di genggaman temen-temen kalian atau bahkan di genggaman kalian sendiri :D

Dan karena ane bukan seorang reviewer hape, jadi ane cerita aja berdasarkan apa yang ane alami.


Sony Xperia ZR in a glimpse
  • Quad-band GSM/GPRS/EDGE support; 3G with HSPA; LTE
  • 4.55" 16M-color 720p capacitive touchscreen with 323ppi pixel density; Bravia Mobile Engine 2
  • Android OS v4.1.2 Jelly Bean with custom UI
  • Quad-core 1.5 GHz Krait CPU, 2 GB RAM, Adreno 320 GPU; Qualcomm Snapdragon S4 Pro chipset
  • 13 MP autofocus camera with LED flash and geotagging, HDR
  • 1080p video recording @ 30fps with HDR mode, continuous autofocus and stereo sound
  • VGA front-facing camera
  • IP 58 certification - dust resistant and water resistant
  • Wi-Fi a/b/g/n, Wi-Fi Direct and DLNA; Wireless TV out
  • GPS with A-GPS, GLONASS
  • 8GB of built-in storage; microSD card slot
  • MHL-enabled microUSB port
  • Bluetooth v4.0
  • NFC
  • Standard 3.5 mm audio jack
  • Accelerometer and proximity sensor
  • Active noise cancellation with dedicated mic
Desain
Sony punya selera desain yang exquisite, mengesankan rasa premium namun tetap elegan dan enak dilihat. Feel ini nampol banget buat ane dan tetap terpancar di Xperia ZR meskipun doi bukan diposisikan sebagai smartphone flagship-nya Sony.
Xperia ZR ini masih pake pakem OmniBalance yang mengedepankan keseimbangan, misalnya terlihat dari tombol power yang terletak tepat di tengah-tengah sisi kanan hape ini.
Colokan microUSB dan headset 3.5mm ditutupi oleh rubber flap, yang walo bikin agak ribet tapi  I can live with that.
Ukurannya cukup pas digenggam karena punya layar berukuran 4.55 inchi, ngga terlalu besar buat ane jadi tetep enak kalo dipake dengan satu tangan.
Ane sendiri yakin kalo ada banyak orang di luar sana yang punya preferensi kurang lebih mirip sama ane; bigger is not always better :v

Dan tentu saja, Xperia ZR ini punya back-cover yang bisa dibuka sekalipun punya sertifikasi anti-air dan anti-debu IP58.


Performa
Dengan daleman berupa prosesor quadcore Snapdragon S4 Pro 1.5 GHz, RAM 2GB dan GPU Adreno 320, performa Xperia ZR ini tentu saja udah terbilang mantap. Game-game HD lancar dilahap broh, misalnya aja Sine Mora, Rise of Glory, dan Final Fantasy III. Pengguna lain katanya juga lancar jaya tuh main Real Racing 3 dan Asphalt terbaru :cool:
Untuk benchmark, skor Antutu benchmark terakhir ane adalah 20347 dan Quadrant Standard dengan nilai 7954. Dulu sempet menyentuh 21000-an dan 8000-an, tapi makin turun aje sekarang ini karena pemakaian wajar IMHO.
Berbagai benchmark lain dari Xperia ZR bisa kalian temukan >> di sini <<

Kesimpulannya, performa sehari-hari mah ngga perlu ditanya; lantjar djaya, hampir ngga pernah terasa lag dalam pengoperasiannya :thumbup

Satu aja yang bikin Xperia ZR kurang mantep adalah memori internalnya yang sedikit, cuma 8 GB aja dan cuma ada ruang kosong sekitar 4,7 GB yang bisa kalian gunakan out-of-the-box. Mana di Jelly Bean ngga bisa pake aplikasi semacem App2SD lagi (katanya) :|
Bisa diakalin pake Directory Bind sih, cuma ane belom mau ribet :v


Layar
Xperia ZR dibekali layar seluas 4.55" dengan kedalaman 16 juta warna dan tentu saja diperkuat dengan software khas Sony yaitu Bravia Mobile Engine II untuk memunculkan warna-warni yang nampol di mata :genit:
Walopun masih pake teknologi TFT, tapi secara keseluruhan layar Xperia ZR ini sangat memuaskan, enak dipandang dan responsif kalo dibelai-belai :malus

Satu minusnya, entah kenapa sekarang layar ane ada scratch dikit. Dikit banget sebenernya tapi tetep merusak kesempurnaan layarnya :(
So, pasang antigores cukup ane sarankan.


Kamera
Xperia ZR punya kamera dengan resolusi 13 megapiksel dengan LED flash sebagai kamera utama di belakang dan sebuah kamera VGA di bagian depan.
Xperia ZR juga punya kemampuan merekam video dalam kualitas HD. Ane kemaren sempet ngerekam Naif yang lagi tampil di IIMS 2013 dalam 2 video berdurasi masing-masing 3:25 dan 5:46. Setelah ane cek, ternyata masing-masing punya ukuran 428 MB dan 721 MB :hammer
Yang menarik, kamera ngga bisa digunakan kalo hape mengalami overheat :v

Kualitasnya? Ane yakin bagus asal tahu setting-setting dan triknya. Tapi kalo untuk mode Superior Auto, ane pribadi emang kurang puas, sering kehilangan detil gambar apalagi kalo dilihat dari kompie, looks grainy in most time. Tapi ngga selalu jelek lho ya :D.
Tapi kalo untuk everyday photography dan keperluan socmed aja macem ane sih udah sangat mencukupi :cool:


Multimedia
Satu yang paling ane suka dari Sony tentu saja aplikasi Walkman-nya. Beningg gan suaranya, apalagi kalo pake headset, makin jebret dah di kuping :genit:. Fitur-fitur ClearPhase+ dan xLoud tentu saja ada di Xperia ZR ini.
Aplikasi video player bawaan dinamai Movies yang mendukung cukup banyak format video diantaranya MP4, 3GP, MKV, AVI dan WEBM sementara FLV ngga didukung.
Terhitung mencukupi lah IMHO, terlebih udah support format-format video populer. Tapi kalo merasa masih kurang, ada banyak aplikasi pihak ketiga di luar sana untuk keperluan ini misalnya MX Player.
Satu kekurangan yang paling kelihatan di sisi ini paling soal volume suaranya yang terbilang kecil :hammer:


Konektivitas
Sebagai hape kelas middle-high, konektivitas Xperia ZR udah komplit. WiFi a/b/g/n, WiFi direct, Bluetooth, GPS ft. GLONASS, DLNA dan NFC udah ada semua di sini. Versi LTE juga ada yaitu yang berseri C5503, tapi kayaknya ngga bakal dijual secara resmi di Indonesia.
Dan sampe saat ini, ane belom nemuin masalah sama berbagai jenis konektivitas ini, all is well :beer:


Daya tahan batere
Salah satu hal penting yang membuat ane lebih menyukai Xperia ZR ketimbang kakaknya Xperia Z adalah karena daya tahan batere. Gimana ane tahu kalo Xperia ZR lebih awet betere ketimbang Xperia Z? Gampang aja, karena kita tahu bahwa layar hape adalah sisi hardware yang paling banyak mengkonsumsi batere CMIIW
Nah, di sisi ini Xperia ZR punya segala keunggulan dari Xperia Z diantaranya:
- Bentang layar lebih kecil (4.55" vs 5.0")
- Resolusi lebih rendah (720p vs 1080p)
Dua hal tersebut mendukung Xperia ZR untuk memiliki waktu penggunaan yang lebih lama dibanding Xperia Z dengan asumsi hal-hal lainnya sama.

Dan sekalipun 2 hal tersebut "lebih rendah" ketimbang Xperia Z, tapi keduanya udah mencukupi buat ane. Asumsinya, layar 720p tidak terlalu kentara bedanya sama layar 1080p di Xperia Z. Dengan densitas layar 323ppi, segala gambar dan video juga udah bakal kelihatan tajam di layarnya.
Dalam hal bentang layar, layar 5.0 inchi itu selain lebih banyak makan batere juga bakal kegedean buat tangan ane yang ngga terlalu gede. Singkat kata, layar 5.0 inchi itu bukan ane banget :v

Yang jelas sih, dengan batere sebesar 2300 mAH, rata-rata dalam sekali charge sampe full si Xperia ZR bisa bertahan sampe 12 jam.
Bayangkan kalo ditambahi aplikasi penghemat konsumsi batere macem Greenify :matabelo:

Tapi ada sedikit insiden yang pernah ane alami sama si Xperia ZR ini. Ceritanya waktu itu ane pengen nyobain kemampuan waterproof-nya itu di kamar mandi. Ngambil foto dan puter musik bisa lho di dalam air, udah ane buktiin.
Tapi 15 menit setelah tes ternyata layar ane nge-blank hitam :ngakak, ngga sepenuhnya blank sih cuma tingkat brightness-nya mungkin cuma 2-5% aja, makanya ane kira blank :ngakaks
Udah gitu nongol embun pula di modul kameranya :hammers

Panik panik deh, hape belom sebulan udah nyaris ngga bisa dipake lagi -ngakak2-
Tapi untungnya, 2 hari kemudian segalanya kembali normal. Thanks, God #terharu
Gak ane coba-coba lagi deh direndem dalam air, tapi kalo sekedar ngga sengaja kecebur sih ane yakin masih mampu :cool:


Harga
Nah, sebagaimana banyak smartphone lainnya, Xperia ZR juga punya kekurangan. Dan sayangnya, kelemahan yang ane pikir paling besar terletak di sisi harganya. Xperia ZR garansi resmi dijual di kisaran harga 6.2 jutaan gaaan :ngakak
Andaikata XZR dijual di kisaran 4.5-5 jutaan, ane yakin XZR ini bakal jadi primadona tanpa tanding di kelasnya :berdukas

Bonus 1: Iklannya Xperia ZR


Bonus 2: Beberapa foto ane, kebanyakan pake Superior Auto

Maaf belom bisa ngasih full and untouched image-nya karena lagi fakir bandwidth -miskin-


Kesimpulan
Sangat memuaskan. Selama 2 bulan ini, ngga kecewa deh sama si Xperia ZR
Jadi bagi kalian yang menginginkan smartphone Android yang:
- Punya performa mumpuni
- Anti-air dan anti-debu
- Kamera mantap
- Desain keren
- Ukuran ngga terlalu besar
- Batere tahan lama
- Cover belakang bisa dibuka
- Sony fanboy :p
Xperia ZR ini wajib kalian masukkan dalam daftar incaran -super-

Satu hal yang wajib kalian pegang sebelum beli barang adalah pilih yang paling PAS buat kalian. PAS di fitur, PAS di desain, PAS di hati dan tentu saja PAS di kantong :v
Oleh karena itu, dari sekian banyak hape yang beredar di luar sana, Xperia ZR inilah yang paling PAS buat ane :*


Useful links :cendols
[Official Lounge] Xperia ZR Kaskus
Review Xperia ZR GSMArena
Xperia ZR di forum XDA-Developers

Btw, sampe bagian ini ada yang nyadar ngga kenapa ane udah hands-on XZR selama 2 bulan sementara di Indonesia sendiri baru mulai didistribusikan? Jawabannya adalah karena ane beli yang BM gan :ngacir:


Wassalamu'alaikum wr. wb.
  • Add To Facebook
  • Share to Google Plus
  • Pin It
  • Tweet This

4 comments:

Anonim mengatakan...

bos beli xperia BM dimana ya ente beli nya bos??

thedusk mengatakan...

@Anonim: Lapak Arya.store gan, search aja di FJB Kaskus :D

Bella mengatakan...

Wah, ternyata kelebihan dan kekurangannya banyak juga ya, hmm tapi Sony Xperia memang seri ponsel yang luar biasa. Sayang harganya mahal-mahal :D

Mas mengatakan...

beli brp gan?

Posting Komentar

Saran? Kritik? Koreksi? Tambahan? Protes? Monggo :D