Rabu, 06 Februari 2013

Bakemonogatari - My Review

Assalamu'alaikum wr. wb.

Setelah sekian lama
akhirnya The High and Might Anime ini dapat ane bikin reviewnya



Bakemonogatari

Tayang: Juli 2009 - Juni 2010
Episode: 15 
Genre: Romance, Supernatural, Mystery



Story: 
Bakemonogatari berkisah tentang Araragi Koyomi dan hal-hal yang terjadi di sekitarnya. Yang utama dari cerita Bakemonogatari sendiri adalah kisah cinta Koyomi dengan Senjougahara Hitagi, si cewek cakep yang juga merupakan korban pertama kejadian supranatural yang ditolongnya di anime ini. 
Setelah itu cerita berpusat pd tokoh2 lain dengan masalah mereka tersendiri, yang tentu saja tetap berkaitan dengan supranatural. Ceritanya sendiri termasuk episodik, dengan beberapa episode dialokasikan untuk setiap tokoh utama yang baru. 
Namun ya itu tadi, setiap cerita sebenarnya mempunyai satu benang merah, yaitu kisah cinta Koyomi x Hitagi  

Anime Bakemonogatari diangkat dari light novel dengan judul yang sama yang ditulis oleh Nishi Oisin. Light novelnya sendiri kabarnya termasuk sukses dan banyak dicari. Bakemonogatari sendiri merupakan satu dari sekian banyak bagian dari Monogatari series, yang bila diurutkan berdasarkan timeline terletak di nomor dua. Berita bagusnya adalah SHAFT bakal mengangkat semua installment Monogatari series ini menjadi ka layar TV atau sebagai Movie.
Sequel dari Bakemonogatari sendiri sekarang masih ongoing tamat dengan judul Nisemonogatari. Sequel kedua dari Bakemonogatari adalah Nekomongatari (Kuro) yang juga sudah tamat di awal tahun ini. Sementara itu, prequelnya yang berjudul Kizumonogatari rencananya bakal tayang tahun ini juga. 

So, monster-monster apa saja yang muncul? Bagaimanakah kelanjutan kisah cinta KoyomixHitagi?? Dan seberapa absurd anime ini??? Silahken saksikan sendiri =D

Art & Animation: 
Salah satu bagian paling menonjol soal ketidak-mainstream-an anime ini terletak di Art dan Animation-nya. Visualisasinya seringkali terlihat abstrak dan aneh, dimana terdapat, dalam bahasa ane, Abstract-Asynchronous Shots di dalamnya. Mau bukti? Gugling aja sendiri XD
Tapi di banyak kesempatan, ane juga seringkali merasa takjub dengan efek-efek lighting yang terasa WAW. Pasti manteb dah kalo nonton dalam kualitas Full HD dengan peralatan-peralatan yang mendukung.
Nah kalo soal Art dari setiap karakter sendiri udah Te O Pe, meski terkadang ada flaw juga. Kadang proporsinya terlihat aneh, walo seinget ane jarang terjadi sih.
Bakemonogatari ini diproduksi oleh Studio SHAFT, studio yang akhir-akhir ini animenya hampir selalu sukses dan digemari oleh anime-lover. Dan Bakemonogatari ini termasuk anime yang mengangkat nama SHAFT juga tuh.
I'm simply SHAFTED :v

Music & OST: 
BGM Bakemonogatari mantab. Setiap perubahan tone dari satu situasi dengan situasi lain dapat digambarkan dengan enak oleh BGM-nya. Kalo didenger lagi sekarang itu BGM, rasanya jadi terasa "EPIC" -mantaf- 
Sementara itu, OST di Bakemonogatari hampir semuanya enak buat dinikmati. OP-nya berganti-ganti setiap memulai arc yang baru, dimana penyanyi lagu OST tersebut berganti-ganti tergantung siapa tokoh yang bakal dominan di episode tersebut.
Misalnya staple stable by Saitou Chiwa dan ambivalent world by Sawashiro Miyuki di episode 8. Tapi yang menurut ane paling memorable adalah tak lain dan tak bukan ya ED-nya, Kimi no Shiranai Monogatari by supercell.
Episode 12 terasa semakin "mengena" karena adanya lagu ini :matabelo:

Character: 
Mungkin, jika harus ditentukan, duet karater yang paling ane suka di dunia anime memang terdapat di Bakemonogatari ini. Mereka adalah Araragi Koyomi dan Senjougahara Hitagi
Walaupun mereka ini emang pasangan kekasih, tapi percayalah kalo hubungan mereka ini akan agak sulit dicerna, unik, ngga normal tapi menggemaskan. 
Sementara itu, karakter-karakter yang lain juga mempunyai ciri khas mereka sendiri-sendiri. Kayak si Araragi Koyomi yang (terlalu) suka menolong dan Senjougahara Hitagi yang merupakan salah satu perwujudan sempurna dari istilah Tsundere IMO. 
Ada lagi si pinter Hanekawa Tsubasa, dan Kanbaru Suruga si exhibitionist. Lalu ada Hachikuji Mayoi yang childish menggemaskan serta Nadeko Sengoku yang moe abis. 
Karakter-karakter yang muncul di anime ini sendiri terbilang sedikit. Meskipun demikian, terlepas dari fungsi mereka di story, tiap karakter menurut ane udah :ok: banget. 




Kesimpulan: 
Kalo menurut ane pribadi sih, Bakemonogatari termasuk 9/10. Tapi kalo asumsi ane, penonton umum paling-paling bakal ngasih skor 7/10 atau lebih buruk -ecek2-. Yep, i love non-mainstream animes.
One of the Best Anime I've Ever Seen. Sedikit catatan, anime ini juga lah yang telah mengembalikan minat ane pada dunia Anime  
HIGHLY RECOMMENDED buat yang nyari anime non-mainstream 


Wassalamu'alaikum wr. wb.
  • Add To Facebook
  • Share to Google Plus
  • Pin It
  • Tweet This

4 comments:

Achmad Rusmanto mengatakan...

protess gan!!
bukan one of the best anime i've ever seen, but the best anime i've ever seen :v

nice review, saya rasa kita punya pemikiran yang sama dengan anime yang satu ini, art dan ostnya.

nice blog and keep going ;)

thedusk mengatakan...

@Achmad
Udah ane duga bakal ada yang memberikan status itu :v

Sip gan, thanks udah mampir ke blog ane yg kurang terurus ini OTL

Rick FrostBite mengatakan...

Not too bad at all (y) Keep it on, keep on, keep on, keep it on

Reno Dwi Pangga mengatakan...

Ntap

Posting Komentar

Saran? Kritik? Koreksi? Tambahan? Protes? Monggo :D