Jumat, 16 Agustus 2013

Saya dan si Galaxy S4 Supercopy :')

Assalamu'alaikum wr. wb.


Selamat pagi anteman-temans
Lama sekali kayaknya ane ngga ngepost di blog ini. Maklum lah, dulu ane bisa rajin ngepost karena nganggur, sementara sekarang alhamdulilah udah kerja :v
Sebenernya udah cukup lama sih ane bisa dapat sinyal buat ngepost, tapi terbentur sama capeknya kerja. Pada akhirnya nir-post deh blog ane ini :v

Oke, jadi tema post ane kali ini adalah tentang salah satu hape paling top saat ini... Samsung Galaxy S4 :matabelo:
Tapi yang supercopy :v

Apa itu Samsung S4 supercopy? Coba lihat dimari >> http://kask.us/heBQS

Kisahnya adalah sebagai berikut ...


=========================================

Waktu itu, ane sedang berada di Dumai. 2 orang atasan ane waktu itu sedang pergi jalan-jalan. Sewaktu pulang, mereka berdua langsung mamerin ane sebuah Samsung Galaxy S4 sama Galaxy Note II :matabelo:
Pada titik ini, sebenernya ane ngga terlalu excited sama 2 barang ini. Paling-paling juga KW sekian, pikir ane (sayangnya ane kurang teguh menjaga prinsip ini :()
Tapi semua berubah semenjak ane disuruh nyobain (dan ngajarin) para pemilik gadget baru ini. Iseng-iseng, ane cobain aplikasi Antutu yang setahu ane emang software benchmark yang biasa dipake dalam review-review hape.
Nilainya? 27 ribu lebih :ngiler:. Wah, Galaxy S4 asli nih, pikir ane. Mata ane mulai berbinar dan prinsip ane pun mulai goyah.

Singkat cerita, atasan ane yang ngambil S4 ini melihat ketertarikan di mata ane dan nawarin buat ngenalin sama penjualnya. Apalagi dia bilang kalo harganya cuma 3 juta :matabelo:
Kenapa ane bilang cuma? Bukannya mengecilkan angka 3 juta, tapi hingga kisah ini ane posting, harga S4 resmi masih sekitar 6,8 juta yang artinya masih lebih dari dua kali lipat harga S4 atasan ane ini.
Di titik ini, muncul lagi kecurigaan ane. Masa iya sih sebuah hape yang masih seharga hampir 7 juta cuma dijual 3 jutaan? Padahal kalopun barang bekas dan BM sekalipun, 5 juta pasti masih banyak yang ngantri, kan?

Tapi kombinasi antara megang langsung barang + tawaran harga membuat ane gelap mata. Ane setuju untuk ketemu sama penjual hape ini keesokan harinya. Niat ini semakin kuat karena ada satu orang lagi yang minat ngambil si S4 ini.
Seriously, mungkin kalian ketawa baca kalimat barusan, tapi memang begitulah keadaannya waktu itu. Bahkan seorang Sony lover yang awalnya ngga tertarik sama sekali sama Galaxy series dari Samsung macem ane pun ngga kuat menahan rasa pengen punya sebiji kalo ditawari harga segitu. Ane serius.

Singkat cerita, keesokan harinya ane dianter dateng ke tempat si penjual hape.
Kesan pertama begitu melihat live-unit yang disodorkan adalah volume rockernya oplak alias goyang itik alias kurang presisi. Bad first impression.
Hebatnya lagi adalah begitu ane komplain soal hal ini, si penjualnya bilang bakal dituker sama barang yang lain. Wedew, murah amat kayaknya nih hape sampe bisa ditukar dengan mudahnya :matabelo:

Okeh, dari hal-hal ini bau-baunya nih barang emang S4 aspal. Tapi setelah ane cek Antutu di hape pengganti, skornya tetep tinggi gans. Jadi bimbang lagi deh ane :/
Pada akhirnya, keputusan akhir ane adalah ngambil juga barang itu sebiji. Ini bukan karena ane percaya kalo hape ini S4 asli tapi lebih karena ngga enak sama atasan ane yang udah nganterin ke tempat si penjual ini.
Ahh, 3 juta terbang melayang dah :/

Singkat kisah, penyamaran serigala berbulu domba ini terkuak tak lama setelah ane nyampe kamar. Begitu dapat sinyal internet, langsung deh ane download aplikasi CPU-Z dari Google Play. Dan ternyata bener, S4 ini aspal jalan raya yang bikin kalian pengen injek-injek. Okay, itu hiperbolik.
Intinya sih, ini Galaxy S4 palsu. Itu terlihat dari tipe prosesor yang terbaca sebagai mt6575 yang artinya itu prosesor MediaTek. Pernah dengar Galaxy S4 diproduksi pake prosesor MediaTek?
Pembacaan resolusi layar pun berbeda sama yang di Antutu, dimana di CPU-Z resolusi layarnya ternyata disunat habis jadi 480x800 pixel. Begitupun sama memori internal yang cuma sekitar 500 MB #ngakaksedih

Tapi sebenarnya kalo mau ditelisik lebih dalam, indikasi asli atau palsunya sebuah hape bisa dilihat dari banyak hal mulai dari build quality, desain sampe aplikasi yang terpasang.
Dari sisi build quality udah kerasa jelas kualitasnya agak meragukan. Earpiece terasa plastik banget. Produk Samsung emang berbahan plastik sih, tapi tetep kentara perbedaan kualitasnya sama plastik di hape aspal ini.
Ada juga yang bilang kalo desain aspal beda dikit sama yang asli, yaitu di jarak bezel atas-bawah dengan layar yang lebar pada hape aspal, yang ane rasa ada benarnya juga.
Dan dari sisi aplikasi juga udah bisa diindikasikan asli atau palsunya, dan cara ini juga gampang banget dilakukan. Paling tidak ada 2 metode yang nongol di otak ane.
Metode pertama: tinggal lihat aja aplikasi apa aja yang terpasang di hape tersebut (path: Settings>Apps>All), kalo ada aplikasi yang berbau MTK atau mediatek, maka hampir bisa dipastikan kalo hape tersebut emang aspal.
Metode kedua: Antutu bawaan ngga bisa di-uninstall. Wajarnya sih aplikasi Antutu bisa di-uninstall tanpa halangan. Nah kalo ngga ada pilihan uninstall untuk aplikasi Antutu, wajib ente pertanyakan tuh asli atau palsunya :v
Lihat pics biar jelas :v





Skor dan informasi sistem di Antutu bawaan



Informasi dari CPU-Z




Aplikasi bawaan yang mengguricakan


Antutu bawaan ngga punya pilihan uninstall

Tips:
- Perbanyak referensi sebelum beli hape, terutama pada hape yang sedang kalian incer atau mau kalian beli. Ini bisa dilakukan lewat pencarian informasi di internet, forum, tanya temen yang lebih ngerti dll
Ingat ya SEBELUM beli, karena kalo sesudah beli itu terlambatnya pake banget :v
- Jangan terpaku pada skor dan info dari Antutu, sebab konon Antutu bisa dimodif skornya. Kalopun mau ngetest, ane saranin pake Quadrant Standard yang pengetesannya musti pake verifikasi lagi dari internet.
Lebih bagus lagi kalo bisa download dan test langsung pake aplikasi-aplikasi tersebut pas nyobain live-unitnya, jadi COD di tempat yang ber-Wifi itu sangat disarankan ;D

=========================================

Epilog
Selang beberapa waktu setelah musibah S4 ini, alhamdulillah ane bisa beli hape yang sebenernya ane pengen, Sony Xperia ZR :kisss
Apa gunanya punya 2 gadget Android yang fungsinya sama pada saat yang bersamaan? So ane putuskan untuk melepas beban dengan melego si S4 aspal ini.
Kalian tahu siapa yang beli? Ngga jauh jauh, ternyata yang ngambil adalah atasan ane yang sebelumnya beli Samsung Galaxy Note II yang aspal juga itu :v
Dia bilang katanya emang pengen yang ukurannya rada kecilan seperti S4 ini. Daripada jauh-jauh dan lama-lama, ya ane lepas aja sama dia. Ane pasang harga rugi 2,5 juta.
Padahal kalo ngelihat harga pasaran online, si S4 supercopy ini masih banyak yang jual 2 juta lebih dikit.
Yah, namanya juga jual barang ya maunya untung dong atau paling engga ga banyak ruginya :v

Sekian kisah ane sama si S4 aspal. Semoga bermanfaat ya anteman-temans




Wassalamu'alaikum wr. wb.
  • Add To Facebook
  • Share to Google Plus
  • Pin It
  • Tweet This

235 comments:

«Terlama   ‹Lebih tua   201 – 235 dari 235   Lebih baru›   Terbaru»
Deanz mengatakan...

Ane pake xperia z. Mantap walo kebilang mahal namun puas. Waktu beli 6jt.. Insyaallah gakan ganti2 lg. Ada harga, ada kualitas. Saran saya klo mw buat dpake lbh baik nyari yg bagus skalian. Mksh

Unknown mengatakan...

gan .... ada gk solusi buat samsung s4 mini supercopy yang suka ngeleg, layar tetap nyala tapi touchscreennya gk aktif ...

thanks ya gan

Anonim mengatakan...

sedikitnambahi nih gan, maaf kalau rada2 OT ya.Ngasi info aja.
harga barang elktronik kayak hp di Indonesia itu harganya sebenarnya 2 kali lipat leih mahal dari harga aslinya. Harga aslinya itu adalah yang ditawarin blackmarket. Ane pernah ditawarin BB torch pertama kali sebelum muncul di Indonesia. Di indonesia mmg belum diedarkan, cuma blackmarket pasti udah punya. Harganya itu mahal karna ada pajak bea cukai, pajak import, dan blala.blaaa.blaaa lainnya yg bkin harganya sampe 2x lipat.ane ditawarin harga pertamanya ORI 2,5 jt. sementara harga pasaran Indonesia 4,8 jt. nyaris 2x lipat kan ? :v
ane liat memang keren dan mmg ori, sayangnya bahasa pengantarnya masih pake bahasa Hungaria :v harus diservis lagi :D
itu BB memang BB class C yg tipe classnya paling rendah, kalo class A nya asli made in Canada dan hanya dijual disana dan di AS aja, class B nya made in Meksiko dan cuma dijual di Amerika latin aja . kalo class C buatan hungaria memang diedarkan ke Asia. kalo masalah supercopy ya, sebenarnya cina sam korea bisa aja duplikat semua aplikasinya dari yang asli. cuma biar ga ketara, yg supercopy diturunin dikitlah spesifikasinya. kalo ga diturunin, buat apa jadi supecopy :v
ane tau tuh dari pacar ane yg kuliah di STAN sih. cuma ngasi info aja . Kalo mau gaya2aan aja supercopy gapapalah, toh dari jarak jauh dan menunya sama aja, cuman ga ada aransinya. kalau mau memang yg berkualitas biasakan beli yg ori. blackmarket juga ori kok.tp ilegal ,wkwkwk :v

ryo mengatakan...

temen ane punya yang note 3 replika,ane yakin itu replika karena harganya jauh banget sama yang asli..2,5 juta udah bisa dapet note 3 ini,jauh banget kan,ane liat dalemannya udah ada antutu,temen ane bilang udah dari sananya tuh antutu ke install,lagian temen ane ini rada gaptek,mana dia tau antutu buat apaan,masa sih kepikiran sama dia buat install antutu?langsung aja ane bilang,"replika paling.." temen ane tetap ngotot itu asli,dia emang kurang ngerti sama smartphone,taunya pake doang..tapi yang ane bingung katanya dia pernah ngecek ke s@ms#ng center,orang s@ms#ng center bilang note 3 dia asli..wtf???yang bego ane apa mereka sih?jangan tersinggung ya orang s@ms#ng center,entah temen ane yang bohong atau emang bener clone dia dibilang ori,entahlah..

thedusk mengatakan...

Pertama-tama, maaf karena reply komen ane telatnya pake banget. WiFi mogok + sempet pindah rumah sebentar jadinya belom sempet komen balik -sowrie-

@Deanz: Asal cocok sama kebutuhan dan kemauan, ane rasa bakal puas kok pake hape apapun merknya
Yah kebetulan aja ane ini bisa dibilang fanboy Sony, makanya pilihan jatuh ke seri Xperia :ngakaks

@:Wah, ane kurang paham troubleshooting ya gan, tapi kalo lag biasanya berkaitan sama RAM, jadi solusinya ya sekitaran RAM tersebut misal nambahin kapasitas RAM (virtual)
Coba gugling aja pake keyword "increase RAM android"

Tapi biar lebih jelas dan pasti sih enaknya ya nanya ke tukang servis yang agan percaya :D

@Anonim: Birokrasi Indonesia yang berbelit-belit ya gan? :nohope:
Untung aja pasar Indonesia sangat menjanjikan, sehingga importir rela bersusah payah masukin barang karena untung yang bakal didapat emang besar :matabelo:
Anyway, thanks buat infonya gan :shakehand::D:shakehand:

@ryo: Ngga mesti juga harga murah berarti replika gan. Bisa jadi kasusnya adalah barang bekas yang dijual sebagai barang baru ;)
Kalo bener begini kasusnya kan bisa menjelaskan kenapa udah terinstall aplikasi Antutu di dalamnya, gitu :D
Kalo pengen ngecek ya itu yang ane tahu, coba cek all app yg terinstall, kalo ada app yang berbau MediaTek atau MTK ya berarti 99% itu produk replika CMIIW -info-

icux mengatakan...

luar biasa kalian semua, yakinlah sama diri sendiri, jenis apapun yg kalian pengen beli,beli aja, toh duit-duit kalian sendiri.ngapain pusing2. so bergayalah sesuai gaya kalian, yg terpenting saling menghormati pendapat orang lain dan jangan menghina selera orang lain.. goodluck bwt kalian semua, salam kebaikan.

Unknown mengatakan...

gan klo hp ya terkena format gituh tampilan awal ketika di login koq berubah menjiadi media tek bukan samsung lagi gimana tuh ??? please gan blog ya..
trimana kasih gan

thedusk mengatakan...

@icux: Thanks gan :D:shakehand::D

@Jhon: Kayaknya perlu flashing sana-sini lagi gan buat ngembaliin ke tampilan yang seperti Samsung
Tapi ane kurang paham langkah-langkahnya -pis-

Anonim mengatakan...

blog ini kayanya untuk sekumpulan orang miskin yang tak mampu beli samsung s4 asli,bahkan ada yang bilang klo beli barang aspal jadi "keunikan" sendiri,bego apa tolol tuh orang yah,jelas jelas justru loe semua itu sama aja mendukung produk aspal tersebut menjamur di indonesia,barang yang semestinya tidak boleh beredar di indonesia karna jelas barang tersebut hanya sekedar "sampah" dari negara tetangga,jadi bebas beredar karna loe semua,dan akibatnya banyak yang menjadi korban penipuan jual beli online dengan mengaku barang tersebut asli samsung s4,emang benar otak orang indonesia pada tolol semua,dan gak dipakai,gw sendiri orang indonesia tetapi otak gw tak seperti kalian!!

Firda F S mengatakan...

ckck,, yg komen negatif trakhir ni mksudx dy ngmg yg mnurut dy bner, tp y jgn segitux donk jelek2in org2 lain,, tlg y klo di tmpat umum bgini MULUTNYA DIJAGA, jgn asal ceplas ceplos jlekin org lain,, ssama org indo lho yg rukun donk.. (netral, tdk memihak sp2).. ;)

Anonim mengatakan...

@firda fauzani s
sok iya lu,lu sendiri udh bener belom..?,wajar gw muak sama pemakai s4 kw,jelas2 itu udh barang sampah yang semestinya tidak di perdagangkan,tau gak lu,udh banyak korban yang termakan jual beli online dengan si penjual mengaku samsung original,ternyata palsu,yang akibatnya banyak yang merasa di rugikan,klo bicara lu pake otak dong,liat akibat dari peredaran barang tersebut...!!!,gak heran kita di mata dunia di anggap rendah,klo jalan pikiran orang indonesia kaya lu!!!

Anonim mengatakan...

eh siapa seh yg komen negatif diatas nih,, sok ngomong jelekin orang melulu, tp dia nya sndiri nih komen pake anonim, berani nya ngomong disini tp gak jelas identitasnya, gan ini blog orang buat share pngalaman masing2. g usah pake ngomel2 gitu napah. woles bro ;)

Anonim mengatakan...

nah lu sendiri pake anonim juga njing,ngentot lu pada,yang punya blog juga muka badak gak malu ngeshare pengalaman yang gak patut di contoh,gak punya duit beli yang asli,gak ush maksa sampe beli tiruan,gara gara lu semua nih njing jadi banyak penipu di jual beli online,ngentot lu pada,asukk!!

Anonim mengatakan...

korban ditipu jual beli online ngmuk . . . . ihhhwwwww

thedusk mengatakan...

@anonim yang sewot: Ane muka badak? Anggap saja begitu, tapi sayang reasoning agan kurang tepat. Ane share pengalaman bukan untuk ditiru orang lain, tapi untuk JADI PEMBELAJARAN DENGAN HARAPAN SUPAYA HAL SERUPA TIDAK TERJADI PADA AGAN-AGANWATI YANG LAIN.
Apa agannya aja yang ngga baca post sampe kelar sampe bisa mengambil kesimpulan seperti itu ya? -think-

Btw, mau protes silakan aja, tapi kalo sudah bawa-bawa penghuni bonbin dsj ya maaf aja, respek ane sudah hilang buat agan.

@firda: Okesip sis :D:shakehand::D

Anonim mengatakan...

tapi klo 2 juta dapat spek supercopy yg lumayan sih menurut ane gak masalah, yg penting aplikasi2 android nya jalan semua,,sama versi androidnya udah terbaru,,kecuali udah dapat supercopy mahal pula, terus gak di kasi tau sama penjual klo itu supercopy itu baru kesel, hahahaha

Anonim mengatakan...

waaah ane juga tertipu gan beli samsung galaxy s4 beginian,kirain ane memory internalnya besar,keliatan dari all aps si 9,1 gb,tapi cmn 500 mb,maklum newbie,sialan 1jt 2ratus melayang.... haduh....

Unknown mengatakan...

Kang aos2 iku njalok di SANTET gan..

Anonim mengatakan...

sekarang supercopy cuma sejutaan

Anonim mengatakan...

Menurut ane sih, Jangan menyesali apa yang telah kita pilih, jadikanlah pilihan sebagai pengalaman hidup.Ane aje dah pake yg aspal lebih dari 6 bln lancar2 aza, karna dipake ntuk browsing doank. Jadi tujuannya mo apa dlu...Klo ga salah ngembalikin tampilan ke samsung lagi *#0066*

Anonim mengatakan...

Ane juga pake sc, Tapi asek aje tuh.
Lebih kenceng daripada andromax smartfren.

Anonim mengatakan...

gan s4 ss ane play storenya ga bs dibuka gan.gmn yah biar bs dibuka?

Anonim mengatakan...

http://www.kaskus.co.id/thread/53bbbd9b1cbfaa16708b4638/gudang-replikasamsungblackberryiphoneblackmarketharga-terjun-payung/1
Replika
BB Z10 >950 (quantiti nego)
BB Z30 >1150 MT6572 •New•
Porsche P9982 >1400 •New•
S4 4.7 >820 MT6572
S4 5.0 >900 MT6572
S5 5.1 >1050 MT6582 quadcore
S5 5.1 >1850 MT6592 octacore
N3 5.5 >1070 MT6582
N3 5.7 >1300 MT6582 quadcore
N3 5.7 >1850 MT6598 HDC
IPhone5S >1100 8gb
IPhone6S >1180
Tab3Lite >980 (Keyboard warna-i)
Tab4new > 1000
Note8 8" >1450 (Stylus ori)
Note10" >1350 (Keyboard&Flipcover)
Grand2 >1150
Mega6.3" >1350

ASUS Original 1th (Bless/Bcell/One)
Zf4 ram 1gb/8gb > 1350
Zf5 ram 1gb/8gb > 1800
Zf5 ram 2gb/8gb > 2000
Zf5 ram 2gb/16gb > 2200
Zf6 ram 2gb/16gb > 2850
Zf6 ram 2gb/32gb > 3300

XiaoMi Ori Garansi Sgpore1tg
Hongmi 1s > 1850
Redmi Note >2300
Mi3 16gb > 3100
Mi4 16gb > 5200

Ready Resmi 1th
ZTE Kiss3 950
ZTE Llade LII 1725
ZTE Nubia Z5s mini(dual mode) 4000
==========================================
spesifikasi:
S4 [4,7"]
MTK 6572
RAM 512
AirGesture
SmartScroll
SmartPause
21 menu

S4 [5"]
MTK 6572
Ram512
AirGesture
SmartScroll
SmartPause
FaceUnlock
DualShoot
21menu

S4 [5"]
MTK 6589
RAM 1GB
AirGesture
SmartScroll
SmartPause
DualShott
Kamera13MP

S5 [5,1"]
Quadcore
MTK 6572
RAM 1GB
AirGesture2arah
Kamera8MP
SmartScroll
SmartPause
22menu
OsKitKat
BateraiPanjang

S5 [5,1"]
MTK 6582
RealquadCore
RAM 2GB
AirGesture4arah
Kamera13MP real
320 DPI
SensorDetakJantung
IrRemote
BateraiPanjang

S5 [5,1"]
MTK 6592
RealOctaCore
RAM 2GB ROM 8GB
AirGesture4arah
Kamera16MP
320 DPI
SensorDetakJantung
IR remote (all brand)
OTG suport
Anti percikan air
BateraiPanjang

NOTE 3 [5,5]
MTK6582
AirGesture2arah
SmartScroll
SmartPause
AirCommand
Kamera13MP (real 8mp)
Stylus Besi

NOTE 3 [5,7]
MTK 6582
RealQuadCore
AirGesture2arah
SmartPause
AirCommand real
Kamera13MP
Stylus Besi
SuportSview

NOTE 3 [5,7] HDC
MTK 6589
RAM 1GB ROM 8GB
RealQuadCore
AirGesture2arah
SmartPause
AirCommand
SpenSesuaiWarna
Suport GAME HD
LED Indikator
320 DPI
IR Remote

iPHONE 5S
Dualcore
MTK 6572
RAM 2GB
3G
VideoCall
Rom 8gb/16gb/32gb

IPHONE 6
Quadcore
MTK 6582
RAM 2GB
3G
Gorila glass2
Layar 5"
Rom 16GB
=========================================
CONTACT:
SMS 083830077800
PIN 7621F546

=============
CONTACT: |=
083830077800 | =
PIN 7621F546 |=
============

Anonim mengatakan...

Ane juga jual supercopy HDC kingcopy dengan harga 1.200.000
Contact ane gan 083830077800 BBM 7621F546

Anonim mengatakan...

gan hp samsung s4 replika q kok gak ada fitur air gesturenya...
apa bisa di tambahin gak?

Unknown mengatakan...

ceritanya yg menyentuh....#ngakaksedih

Unknown mengatakan...

Aplnya MTK wkwkwk

Unknown mengatakan...

Mending smartfren andromax gak ada kwnya soalnya cuma smartfren yg mempunyai CDMA di slot 1

Adip mengatakan...

Ass,,,,,gan saya punya hp s4 supercopy memori internal 8,3 Gb,apakah itu benar

Azhar Rayhan mengatakan...

Memory Internal Nya 9 Gb Tuh Coeg: v

Unknown mengatakan...

Gan numpang nnya. ane punya s4 kw tpi bervirus. Ada tau info tempat instal ullang replika gk wilayah dumai. TRIms

Unknown mengatakan...

kalo hdc ultimate gimana gan?apa sama aja sama supercopy?

Unknown mengatakan...

Hanya dengan minimal Deposit Rp 20.000,- kamu berkesempatan memenangkan hadiah Jackpot hingga puluhan juta. Tunggu apa lagi..
Hanya di Aslibandar.net kamu mendapatkan Bonus Mingguan dan Bonus Double Referral 20% secara cuma-cuma.

Daftar dan buktikan hadiah dari Aslibandar.net yang akan membuat kamu merasa puas di sertai Costomer Service yang ramah dan siap membantu anda para pencinta Poker Online Indonesia. !!!

Untuk Info lebih lanjut silahkan hubungi kami melalui :

* Ym: Aslibandar_Cs
* Phone: 855976375885
* Fb: AsliBandar
* Skype: AsliBandar
* Whatsapp: 85569776588
* BBM: 2B3C34F4

Unknown mengatakan...

Antar Jemput servis panggilan iPad iPhone iMac Macbook reparasi pengerjaan di tempat Batam http://zapplerepair.com/antar-jemput-Macbook-iPad-iPhone-iMac-Samsung-Window-Surface-repair-servis-home-service-Batam-Bintan-Tanjung-Pinang.htm

Unknown mengatakan...

Apple yg menggunakan media gratis untuk promosi reparasi battery
klik disini

«Terlama ‹Lebih tua   201 – 235 dari 235   Lebih baru› Terbaru»

Posting Komentar

Saran? Kritik? Koreksi? Tambahan? Protes? Monggo :D