Senin, 04 Maret 2013

GetSimple CMS

Assalamu'alaikum wr. wb.


Ane itu total noob di bidang web building. Bahkan sampe sekarang ane sama sekali belum pernah belajar HTML secara 'serius', makanya sering kesulitan dalam hal ini. Tapi ane pengen punya sebuah situs pribadi di ranah dunia internet ini, trus gimana dong?

Granted.
Ada solusi bagi kalian-kalian yang memiliki problem seperti ane.




Perkenalkanlah dengan yang namanya Content Management System. Apa itu CMS? CMS menurut WikiPedia adalah
A web content management system (WCMS or Web CMS) is a content management system (CMS) software, usually implemented as a Web application, for creating and managing HTML content. It is used to manage and control a large, dynamic collection of Web material (HTML documents and their associated images). A CMS facilitates content creation, content control, editing, and many essential Web maintenance functions.
Dengan adanya CMS tersebut, maka proses pembangunan sebuah situs di internet dapat selesai dalam hitungan menit aja. Kalo ane sendiri, berhubung bikin site pribadi ini sifatnya cuma fun dan sekedar coba-coba, ane bikin situs itu di hostingan gratisan aja.

CMS sendiri ada banyak sekali ragam jenisnya dan masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Beberapa CMS yang paling terkenal adalah WordPress, Joomla!, Drupal, concrete5 dll. Dan bagusnya, kebanyakan hampir semua CMS tersebut open source atau dalam kata ekonomis: Gratis.
Memilih satu dari sekian banyak pilihan tentu saja sama seperti halnya memilih hape: Susah. Tapi seperi solusi memilih hape juga, tinggal sesuaikan saja dengan kebutuhan. Bedanya pemilihan CMS ini ngga bakal menyedot kocek kalian :v

Kali ini ane ngga pengen ngepos tentang Wordpress, Joomla! ataupun Drupal di atas karena selain bukan itu tujuan posting ini, ane juga belum pernah nyoba mereka semua, cuma pernah ngicipin yang WordPress itu :malu: (dan sekarang terbengkalai pula :v).
Seperti yang ane bilang, WordPress, Joomla!, Drupal dkk tadi kurang sesuai dengan tujuan ane kali ini yaitu membuat sebuah situs kecil yang simple, ringan, gampang dikelola tapi tetep customizable dan tetep cukup powerful. Dan setelah menjelajah internet sekian lama, ane ketemu sama sub-class dari CMS yaitu light CMS/tiny CMS. Singkat kata, ane pun mulai mencoba mereka satu persatu.

Dan setelah beragam percobaan CMS-CMS tersebut, akhirnya ane ketemu sama satu yang ane bilang keren: GetSimple CMS.
Apa yang hebat dari GetSimple ini? Cek saja ke situs resmi mereka untuk melihat apa aja yang ditawarkan dan apa yang bisa kalian lakukan dengan GetSimple ini. Kalo ane pribadi sih suka dengan beberapa fitur GetSimple yang ini:

  1. Kecil banget
  2. Instalasi gampang
  3. Antarmuka yang intuitif dan gampang
  4. XML based, jadi ngga perlu MySQL database
  5. Tetep customizable dan cukup powerfull


IMHO, perlu sedikit tweak untuk memaksimalkan GetSimple ini sesuai dengan kebutuhan kalian. Kalo ane, sedikit tweak tersebut adalah mengubah text editor template dari basic template menjadi advanced template yang berisi font color, font size, background color, syles dll. Yang lain kayaknya standar yah, yaitu menambah favicon situs, mengubah tampilan situs dengan mengedit CSS-nya, dll.

Dan dengan begitu gampangnya, jadi pula mini-site ane >> wuzzwu.zz.mu [Masih RAW banget lho yah :p]
Tentu saja, masih ada banyak lagi yang bisa dilakukan dengan GetSimple ini, tapi yang jelas GetSimple ini cocok dengan slogan kecil-kecil cabe Trinidad Moruga Scorpion :v
Overall, sangat puas lah sama GetSimple ini #oye


Referensi CMS enteng:
http://webdesignledger.com/tools/10-simple-and-light-weight-cms-solutions
http://speckyboy.com/2010/07/19/14-light-and-east-to-use-open-source-content-management-systems/


Wassalamu'alaikum wr. wb.
  • Add To Facebook
  • Share to Google Plus
  • Pin It
  • Tweet This

2 comments:

Anonim mengatakan...

bang, wuzzwu.zz.mu didnt found -___-

thedusk mengatakan...

@greenfortissimo: Waduh, maaf gan soalnya itu cuma ane pasang di hosting gratisan :v
Karena ngga keurus dan ngga ada view count, akhirnya ditutup :hammer:

Posting Komentar

Saran? Kritik? Koreksi? Tambahan? Protes? Monggo :D