Rabu, 13 Maret 2013

Tombo Kangen

Assalamu'alaikum wr. wb.


Ane adalah seorang Jawa tulen yang dibesarkan diantara kaum embah-embah. Di Jawa Tengah perbatasan Jogjakarta, kaum embah-embah ini identik dengan salah satu genre musik: Campursari. Maka mau tak mau, ane juga punya memori sama si Campursari ini.

Dulu sebagaimana embah-embah lain, embah ane juga seorang penggemar Campursari. Siang, sore dan malem selalu aja muter VCD Campursari.
Pertanyaanya: Gimana ane ngga keracunan coba?


Singkat kata, dari sekian banyak lagu Campursari, salah satu lagu Campursari yang paling ane sukai adalah Tombo Kangen (Pengobat Rindu). Dulu lagu ini sering digunakan sebagai mars sebuah grup Campursari, entah sebagai pembukaan atau penutup penampilan grup tersebut. Pembawaan lagu ini pun punya kekhasan tersendiri, dimana para penyanyi mendendangkannya secara bersama-sama dengan koreografi tari yang khas, agak lentik gimanaaa gitu (lihat videonya di bawah).
Dan kalo boleh lebih spesifik, ada satu video dimana si Tombo Kangen ini dibawakan oleh grup Sangga Buana (kalo ane ngga salah ingat) dan ada mbak Dini Aditama diantara para penyanyi tersebut. Cakep banget dah rasanya waktu itu si mbak Dini Aditama ini <3 p="">
Berikut ini lirik lagunya versi ane :v

Mas opo wis lali sliramu
Ndhek semono yen dolan karo aku
Pancen wis suwe ra tau ketemu
Wis sak mesthine lali aku
Mas mumpung saiki ketemu
Jogetan tetembangan karo aku
Dadio tombo kangenku kangenmu
Bali eling ngaliko iku
Sepi rasane wektu kuwi nusul dewe
Nglangut terus eling kancane
Jaman semono yen dolan rame-rame
Guyub rukun seneng atine
Mas gelang alit ali-ali
Sak dhulit kanggo tombo kangen iki
Prasasat ngimpi durung tutug tangi
Roso kangen wis biso mari

So, monggo dinikmati videonya :3


Mengingatkan kalian pada sesuatu?? *ehmgirlbandehm*


Wassalamu'alaikum wr. wb.
  • Add To Facebook
  • Share to Google Plus
  • Pin It
  • Tweet This

2 comments:

Unknown mengatakan...

Sy sunda tulen tapi besar dan tua di jakarta,mungkin karna pergaulan atau mungkin selera music yang kuat sehingga bisa menerima banyak jenis music,yang penting enak didengar,termasuk Campursari,khususnya yang pop,clasic kurang suka,mungkin karna ga ngerti,khusus lagu Tombo kangen,ini lagu pertama sy kesemsem sama campursari,waktu itu sy dikasih kaka istri sy yang kebetulan orang jawa,semua lagu dalam VCD tsb sy suka,cuma ketika VCDnya rusak sy ga ada penggantinya,kebetulan waktu itu sy belum ada computer jadi ga sempat menyimpannya,sy sangat terkesan dengan penampilan Dini Aditam,waktu itu dia nyanyi lagu `Istri Setia` dan Mendhem wodo`an bersama Gogon,juga lagu`Sayang sayang` tapi lupa namanya,yang sy ingat gendutnya tapi cantik,yang sy ingat VCD tsb dalam acara ulang tahun perkawinan seseorang,di lagu ~ Tombo kangen` dini Aditama tampil genit khasnya orang jawa,`nggemmeske` bersama Monic dan satu lagi sy ga ingat namanyan,aslinya sy penggemar music pop,sy ada keyboard,kadang sy main dang dut juga campursari,tiap kali tampil ada satu dua lagu sy nyanyikan sendiri,sampai sampai orang mengira sy orang jawa dan ga percaya sy orang sunda,mohon penjelasannya kalau mau cari VCD campursari Sangga Buana yang sy maksud tadi Nama albumnya apa,matur kesuwun-wawaw suryana-087805797919.

thedusk mengatakan...

@papa Waduh, mungkin agak susah kalo mau nyari album tersebut mengingat VCD-VCD Campursari sekarang ini rasanya lebih banyak yang bajakan, artinya susah dilacak album yg mana yang om maksudkan :D
Btw, memang sangat jarang lho orang Sunda yang suka campursari hahahaha

Posting Komentar

Saran? Kritik? Koreksi? Tambahan? Protes? Monggo :D